Pernah dengar istilah orang jawa Mestakung (semesta mendukung)?, kalau dalam bahasa arab menjadi man jadda wa jadda (barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti dapat), atau kalau mau sedikit keminggris ada kata “the law of attraction”

Benar, semesta mempunyai cara unik dalam bekerja, saya pernah membaca sedikit tentang aturan ini. Sangat simple dan sederhana, mungkin banyak juga dari kita yang sudah pernah mengalaminya. Yaitu sebutkan permintaanmu, lalu semesta akan mengabulkannya? semudah itu? tidak percaya?

Mari kita lihat dari perspektif yang lebih luas kenapa ini bisa terjadi. Ketika kita mengucapkan suatu kenginan, akan ada sebuah faktor psikologis yang membuat kita berusaha untuk mendekati ataupun mencapai keinginan tersebut. Terkadang memang tak selalu dikabulkan secara langsung, namun banyak juga yang diberikan jalan menuju keingan tadi.

Secara psikologinya seperti itu. Jadi bukan berarti setelah mengucapkan satu keinginan terus kita dengan santai-santai tidak melakukan apa-apa. Dengan berusaha, sedikit demi sedikit jarak kita dengan tujuan akan menjadi semakin terbuka. Bukankah ada pepatah yang mengatakan kalau keberuntungan akan datang kepada orang yang siap?

Sebut saja ketika saya sangat ingin ke Natuna. Tidak lama setelah saya berharap, ada sebuah tawaran pekerjaan survey tower telekomunikasi di wilayah Natuna. kebetulan? iya, memang, namun sebelumnya saya sedikit banyak telah terlebih dahulu mempelajari cara kerja tower provider yang memungkinkan saya mendapatkan pekerjaan itu. Jika itu datang kepada anda yang tidak tahu apa-apa, apakah keinginan itu akan terwujud? Tidak.

Kedua, sewaktu saya ingin pergi keliling Asia Tenggara. Seminggu setelah saya berkeinginan, ada sebuah tiket promo penerbangan langsung ke Vietnam. Sangat murah, dan saya akhirnya bisa berkeliling di lima negara asean. Beruntung? memang, namun dibalik itu saya sudah lama menabung demi perjalanan ini. Semua itinerary dan data perjalanan sudah tersedia di laptop saya. Kesimpulannya saya siap dengan moment ini.

Lanjut dengan keinginan saya ke Makassar dan Kalimantan Timur, dua destinasi tersebnut lama tertanam di otak saya. Entah kenapa, saya baru intens mencari data dua lokasi tersebut beberapa bulan ini. Saya membuat rencana perjalanan, mencari data sebanyak-banyaknya, dan ketika saya siap, momentum datang. Ada dua perusahaan penerbangan yang menawarkan tiket promo ke dua destinasi tadi. Bagaimana? masih tidak percaya dengan cara alam semesta bekerja?

Alam memang mendengarkan keinginan kita, dan akan mengabulkannya dengan cara yang tak disangka. Keberuntungan memang memegang sedikit peranan, namun keberuntungan hanya akan menjadi sebuah kejadian biasa jika itu menimpa orang yang belum siap. Jika datang kepada orang yang siap? Keberuntungan bisa menjelma menjadi sebuah jalan dalam mencapai keinginan.

Tak ada yang namanya kebetulan dimuka bumi, selama ada usaha, pasti ada jalan. Jika gagal, coba lagi, jika jatuh, bangkit lagi. ingatlah bahwa tujuan akan menjadi lebih dekat walaupun kita merangkak daripada cuma diam di tempat. Karena hidup adalah sebuah tanda tanya, maka kita harus berusaha.

Intinya?
Sebutkan permintaanmu, berusaha, dan saksikan bagaimana semesta bekerja

6 thoughts on “Semesta Mempunyai Cara Yang Unik Dalam Bekerja”

  1. gua banget nih… tapi kayaknya ga ada yg kebetulan krn memang mikirnya itu dan alam sadar salelu menuntun untuk kesana….

    btw tanggal berapa ke makasar, gua ada tiket pp makasar – manado bulan sept. ga bisa berangkat ada tugas kantor dadakan , kalo pas tanggalnya ambil aja

    1. nah, bener banget mas. hehe
      keberuntungan hanya datang kepada yang siap (sebenernya bukan keberuntungan si)
      tapi akumulasi-akumulasi dari usaha kita selama ini
      berangkat ke makassarnya tahun depan mas, bulan may
      🙂
      asiiikk, tiket pp
      coba lemparin di milis ITB mas, siapa tahu ada yg lagi di makassar bulan segitu

Leave a Reply

%d bloggers like this: