Nilai perjalanan tidak terletak pada jarak yang ditempuh seseorang. Bukan tentang seberapa jauhnya perjalanan. Tapi lebih tentang seberapa dalamnya seseorang bisa terkoneksi dengan orang-orang yang membentuk kenyataan di tanah kehidupan. _Agustinus Wibowo

Tajinan adalah sebuah kecamatan yang terletak di salah satu sudut kabupaten Malang. Diwaktu kota-kota lain berusaha mempersolek diri, Tajinan hadir apa adanya. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan, dengan kesederhanaan, Tajinan memiliki banyak tempat wisata yang tak kalah menyenangkan. Mulai dari yang tersohor, hingga yang belum dieksplor. Mulai yang sudah dikomersilkan maupun yang masih belum mendapatkan perhatian. Salah satunya adalah telaga Jenon.
jenonDi pemandian Telaga Jenon pengunjung akan disuguhi keasrian alam dan jernihnya air yang berwarna hijau kebiruan serta ikan2 yang ada di pemandian. Ikan yang ikut berenang di telaga ini memiliki banyak ukuran. Mulai dari yang kecil, hingga sebesar paha orang dewasa. Namun tenang, mereka tak seberbahaya piranha.

Ada keunikan tersendiri ketika kita berenang ditemani dengan segerombolan ikan. Mengumpulkan mereka cukup gampang, hanya dengan membeli kacang-kacangan, dan memberi mereka makan. Para ikan akan dengan senang hati segera berebut untuk mendekat dan berenang bersama.
sacred ikanKonon awal mulanya nama Sumber Jenon berawal dari Rantung Wiragati bersama istrinya yang berasal dari Mataram. Mereka mengungsi ke daerah ini setelah terjadinya peperangan. Di tempat itu keduanya lantas bertahan hidup. Keduanya mulai bercocok tanam dengan hasil tani yang melimpah.
Namun saat musim kemarau tiba, hasil tanamannya tidak mendapatkan irigasi yang cukup. Sampai akhirnya semua tanaman mati dan persediaan makanan semakin menipis. Akhirnya Rantung Wiragati berpamitan pada sang istri untuk mencari pengairan. Alkisah, bertapalah Rantung Wiragati di atas Gunung Harimau di bawah Curah Pohon Jenu (pohon kuno).
Dalam pertapaan tersebut tiba-tiba angin bertiup kencang. Tiupan itu lantas menumbangkan pohon jenu dan membuat tanah sekitar menjadi sebuah cerukan. Bongkahan pohon tersebut mengeluarkan sumber air yang begitu deras sehingga terciptalah sebuah telaga. Setelah kejadian itulah sumber itu diberi nama Sumber Jenon.
sunset

One thought on “Selayang Pandang, Tajinan”

  1. Sekedar menginformasikan, yg dinamakan sacred fish bukan yg nampak di gambar tersebut, alias ikan koi. Tapi ada satu ikan, yg bernama ikan sengkaring yg usianya sudah ratusan tahun, sejak Sumber Jenu ini ditemukan. Ikan sengkaring ini berwarna hitam (gelap) dan ukurannya cukup besar. 🙂 Semoga bisa memberikan informasi tambahan

Leave a Reply

%d bloggers like this: